Tips Mencegah Rekening Bank Diretas, Waspadai Nomor Ini: Zona Ekonomi

Uncategorized48 Dilihat

JAKARTA – Pengguna ponsel disarankan mewaspadai nomor yang tidak berfungsi lagi. Bagi pelanggan layanan komunikasi seluler, nomor ponselnya bahkan bisa ditautkan ke akunnya perbankan miliknya.

Dengan begitu, transaksi perbankan bisa dilakukan secara digital melalui ponsel kapanpun dan dimanapun, tanpa perlu repot ke bank. Namun nasabah harus berhati-hati agar tidak menjadi korban peretasan rekening bank melalui nomor ponselnya.

Group Head Contact Center XL Axiata, M. Yunus mengatakan, meski transaksi perbankan semakin mudah, namun masyarakat pengguna layanan seluler dan perbankan tetap harus berhati-hati agar terhindar dari kejahatan perbankan, termasuk pencurian rekening.

“Dalam upaya menjamin dan melindungi keamanan rekening data perbankan pribadi pelanggan, kami di XL Axiata menghimbau seluruh pelanggan untuk turut menjaga keamanan nomor ponsel yang terdaftar di rekening bank mereka,” ujarnya, Kamis (22/5/2021). 2024). ).

Katanya, hal ini untuk mencegah peretasan rekening bank dengan menggunakan nomor telepon nasabah, termasuk nomor yang hilang. Ia menambahkan, nomor ponsel yang tidak terpakai dan dianggap hilang bisa menjadi jalan bagi pelaku kejahatan untuk membobol rekening bank nasabah.

Untuk itu, ia mengimbau konsumen untuk berhati-hati dalam menutup nomor ponsel yang tidak terpakai pada operator dan bank. Pelanggan tidak boleh mengabaikan nomor yang tidak lagi mereka gunakan dan menganggap tidak perlu memberi tahu operator dan bank yang terhubung atau penyedia pembayaran online tentang penutupan nomor mereka.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya

Berikut beberapa tips agar rekening bank Anda tidak diretas oleh nomor telepon pelanggan Anda:

Baca Juga  Wawancara Ahmad Yani dengan anak-anaknya sehari sebelum jatuh ke tangan PKI: Okezone Country

Segera hubungi layanan pelanggan bank yang bersangkutan dan/atau pembayaran online untuk menutup layanan Anda pada nomor telepon yang tidak terpakai atau sudah habis masa berlakunya untuk memastikan layanan perbankan dibatalkan.

Jangan memberikan nama pengguna, kata sandi, PIN dan kode OTP Anda dalam transaksi perbankan apa pun di ponsel Anda.

Jangan mengakses rekening bank melalui jaringan WIFI publik

• Kejahatan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, selalu waspada

Menindaklanjuti Saluran WhatsApp Okezone untuk update berita baru setiap hari

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *