Yenny Wahid mengatakan pemimpin terbaik adalah yang memahami kebutuhan mahasiswa: National Okezone

Uncategorized61 Dilihat

BONDAWASO – Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur Zannuba Ariffah Chafsoh atau dikenal dengan panggilan Yenny Wahidmemaparkan sejumlah strategi kepemimpinan yang dibutuhkan Indonesia di masa depan, khususnya bagi santri di pesantren seluruh Indonesia.




Demikian diungkapkan Yenny Wahid saat ramah tamah di Pondok Pesantren Al-Furqon Paceh Bondowoso, Jawa Timur, Rabu 23 November 2023.

Direktur Wahid Foundation ini mengungkapkan, diperlukan sejumlah prosedur, termasuk memahami kebutuhan mahasiswa.

“Pemimpin yang paham akan kebutuhan santri. Santri itu harus mudah, yang harus diperbanyak beasiswanya untuk santri. ,” kata Yenny Wahid dalam keterangan yang diterima, Jumat (24/11/2023).

Yenny Wahid sebelumnya mengatakan, Gus Dur juga pernah mengalami hal tersebut, pernah ke Mesir, Irak, dan lain-lain karena mendapat beasiswa. Padahal, Gus Dur sudah menjadi yatim piatu sejak kecil.

“Waktu itu Gus Dur yatim piatu, tidak punya uang, tapi karena mendapat beasiswa dia bisa belajar ke luar negeri,” kata Yenny.

Selain itu, menurut Yenny, pemimpin masa depan juga harus memikirkan mahasiswa yang lulus agar pekerjaannya lebih mudah. Mereka juga memberikan pelatihan kewirausahaan agar mereka bisa menjadi pengusaha sukses.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Dapatkan berita terkini dengan segala berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan lainnya


Di sisi lain, pemimpin masa depan juga diharapkan adalah orang-orang yang mau memahami santri, salah satu tantangan santri adalah kita tidak mengetahui derajat ma’had mereka. Meski mengenyam pendidikan, namun belum diketahui gelar sarjananya.

“Jadi ke depan situasinya harus seimbang, supaya kita bisa mencari pekerjaan. Nah, yang bisa memahami kebutuhan santri, bagi saya, harus menjadi santri juga. kebutuhan santri di sana, ada yang namanya Mahfud MD,” kata Yenny.

Baca Juga  Roller Coaster Macet, Pengunjung Disney World Terjebak 30 Menit: Okezone Travel

Ia mengatakan, sebagai negara atau negara yang lebih besar, ke depan Indonesia membutuhkan pemimpin yang berkomitmen terhadap penegakan hukum dan mampu memberantas korupsi dan pajak ilegal.

“Kalau hukum tidak ditegakkan maka semua akan kacau, penegakan hukum itu penting, bayangkan jika korupsi meningkat, yang terjadi adalah kota menjadi miskin, kota tidak punya uang, setelah negara tidak punya uang. uang, tidak akan bisa membangun apa pun,” katanya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *